PENGARUH TINGKAT KEMAMPUAN MENGGUNAKAN STRUKTUR KALIMAT BAHASA INDONESIA DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMP... (PEND-18)

Melihat segi maknanya (nilai komunikatifnya) kalimat terbagi menjadi kalimat berita (kalimat deklaratif) kalimat perintah (kalimat imperatif), kalimat tanya (kalimat interogatif) dan kalimat seru (kalimat interjektif). Dalam hal ini kalimat tersebut di atas merupakan struktur kalimat yang sering diajarkan di sekolah pada umumnya dan khususnya di Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP).


Struktur kalimat ialah susunan bagian-bagian kalimat dalam dimensi linear, sedangkan yang dimaksud bagian-bagian kalimat adalah unsur kalimat yang menduduki salah satu fungsi dalam sebuah kalimat yang terdiri atas subyek (S), predikat (P), obyek (O) dan keterangan (K). Susunan unsur-unsur ini dalam dimensi linear disebut struktur kalimat.

Bahasa Indonesia sebagai pengantar di sekolah-sekolah, perlu disebar luaskan pemakaian dan penggunaannya, utamanya dalam menggunakan struktur kalimat. Mengingat bahwa struktur kalimat dalam bahasa Indonesia sebagian besar dipelajari oleh siswa sebagai bahasa kedua, terutama di desa yang memiliki bahasa daerah sebagai bahasa pengantar. Untuk itu perlu diupayakan pembelajaran bahasa Indonesia yang terencana dan terprogram secara baik agar siswa berbahasa Indonesia dengan menggunakan struktur kalimat yang baik pula.

Begitu pentingnya pengajaran struktur kalimat dalam bahasa Indonesia, karena merupakan pengetahuan dasar yang perlu dikembangkan dalam jalur pendidikan sekolah, utamanya ditingkat Sekolah Lanjutan Pertama (SLTP). Oleh karena itu bahwa tingkat pengetahuan bahasa yang diartikan sebagai kemampuan membaca, menulis, berkomunikasi, dan mengemukakan ide dengan baik dan benar sehingga struktur kalimat perlu dikembangkan secara optimal.

Dengan demikian, tujuan akhir dari pengajaran bahasa Indonesia di sekolah yaitu kemampuan penguasaan berbahasa Indonesia dengan terampil menggunakan struktur kalimat dalam berkomunikasi dengan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Untuk mencapai tujuan itu, tentu memerlukan usaha dan kerja keras dari guru bahasa Indonesia. 


Untuk mendapatkan file lengkap dalam bentuk MS-Word, (bukan pdf) silahkan klik Cara Mendapatkan File
atau klik disini

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Cara Seo Blogger

Kumpulan Tesis dan Skripsi Pendidikan Headline Animator

Anda ingin download daftar judul tesis dan skripsi terbaru dan lengkap silahkan klik download

Like Ya

×