Program Pengembangan Kompetensi Kepribadian Guru Bimbingan Dan Konseling SMA/SMK DI RANGKASBITUNG (pend-90)

Penelitiaini  bertujuan untuk  menggambarkan kompetensi kepribadian guru  bimbingan dan konseling serta merumuskan program pengembangannya. Metode yang  digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif, dengan sampel penelitian guru-guru yang memiliki tugas sebagai guru bimbingan dan konseling pada  SMA/SMK  di  Rangkasbitung.  Kompetensi  kepribadian  yang  dimaksud dalam penelitian ini adalah sesuai dengan  Permendiknas Nomor 27 tahun 2008 tentang Standar Kompetensi Akademik dan Kompetensi Konselor.

Hasil penelitian ini menggambarkan bahwa kompetensi kepribadian guru
bimbingan  dan  konseling  SMA/SMK  di  Rangkasbitung  masih  rendah  (tidak kompeten). Komponen kompetensi kepribadian guru yang rendah tersebut adalah: (1) menghargai dan  menjungjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan, individualitas, dan kebebasan memilih; (2) menunjukan integritas dan stabilitas kepribadian yang kuat;  serta          (3)  menampilkakinerja  berkualitas  tinggi.  Salah  satu  penyebab ketidak kompetenan tersebut adalah banyaknya guru  bimbingan dan konseling tidak memiliki latar belakang pendidikan bimbingan dan konseling.  Sementara aspek-aspek     perlu             mendapat    peningkatan               adalah:          (1)               menghargai     dan mengembangkan  potensi  positif  individu  pada  umumnya  dan  konseli   pada khususnya; (2) bersikap demokratis; (3) menampilkan kepribadian dan perilaku yan terpuj (seperti  berwibawa,   jujur,   sabar ramah  dan  konsisten);  (4) menampilkan emosi  yang stabil; (5) peka, bersikap empati, serta menghormati keragaman  dan  perubahan;  (6)  menampilkan  toleranstinggi terhadap  konseli yang  menghadapi  stres  dan  frustasi;  (7)  menampilkan  tindakan  yang  cerdas, kreatif,   inovatif  dan  produktif;  (8)   berkomunikas secara  efektif.  Program pengembangan kompetensi kepribadian guru dalam penelitian ini dirumuskan dari aspek-aspek  yang  perlu  mendapat  perhatiasehingga  program  indiharapkan mampu          meningkatkan   kompetensi   kepribadia para   guru          bimbinga dan konseling.
Rekomendasi  penelitiaini adalahpertama  bagi guru,  pengembangan

kompetensi kepribadian dilakukan secara terus menerus terutama untuk aspek yang  dinila rendah.  Kedua  bagi  kepala  sekolah,  supervisi  yang  dilakukan seyogyanya  juga  menyentuh  pada  kompetensi  kepribadian.  Ketiga  bagdinas pendidikan Kabupaten Lebak,  membuat  program prioritas bagi pengembangan kompetensi  kepribadian  guru  dan  kebijakan  pengadaan  guru  bimbingan  dan konseling. Keempat bagi Lembaga Penjaminan Mutu  Pendidikan dalam bentuk pendidikan dan pelatihan serta fasilitasi sumber daya pendidikan.  Bagi  peneliti selanjutnya, dapat mengkaji kompetensi guru bimbingan dan konseling  secara lebih komprehensif dengan lokasi yang lebih luas.


Untuk mendapatkan file lengkap dalam bentuk MS-Word Mulai BAB 1 s.d. DAFTAR PUSTAKA, (bukan pdf) silahkan klik Cara Mendapatkan File atau klik disini

1 komentar:

Cara Seo Blogger

Kumpulan Tesis dan Skripsi Pendidikan Headline Animator

Anda ingin download daftar judul tesis dan skripsi terbaru dan lengkap silahkan klik download

Like Ya

×