Meningkatkan Hasil Belajar Dan Kecakapan Hidup Siswa Pada Materi Prinsip-Prinsip Klasifikasi, Virus, Dan Monera Melalui Pendekatan Jelajah Alam Sekitar (Jas) Dengan Model Iqro Di Man 2 Semarang (P-121)

ABSTRAK 


Pembelajaran  Biologi  masih  dipahami  secara  tekstual,  siswa  kurang memahami  gejala dan  realita  serta  makna  dari  gejala  alam,  siswa  cepat  lupa terhadap materi yang diajarkan, sehingga menyebabkan hasil belajar siswa tidak memuaskan.   Selain     itu     mata     pelajaran     Biologi      harus     mengembangkan keterampilan proses ilmiah yang berupa  kecakapan hidup (life skill) misalnya kecakapan  observasi,  kecakapan memecahkan  masalah   secara  logis,  dengan kecakapan tersebut siswa akan terbiasa untuk memecahkan permasalahan dalam kehidupan sehari-hari secara runtut. Oleh karena itu penelitian ini menerapkan pembelajaran  melalui  Jelajah  Alam  Sekitar  (JAS)  dengan  model  Iqro  untuk meningkatkan hasil belajar dan kecakapan hidup siswa.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya peningkatan hasil belajar  dan kecakapan hidup siswa pada materi prinsip-prinsip klasifikasi, virus, dan monera di MAN 2 Semarang melalui pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS) dengan model Iqro. 

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan pada kelas X-B  semester 1 MAN 2 Semarang tahun ajaran 2005/ 2006 pada materi prinsip-prinsip klasifikasi, virus dan monera. Kelas X-B mempunyai jumlah siswa 44 anak yang terdiri atas 19 siswa putra dan 25 siswa putri. Penelitian ini terbagi dalam 3 siklus, masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Pengambilan  data  dalam penelitian ini dilaksanakan dengan cara observasi, wawancara, angket dan tes tertulis.


Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas pada siklus I adalah 35,58 dan ketuntasan belajar siswa pada siklus I adalah 4,65%. Kecakapan hidup siswa sebelum penelitian siklus I 65,84% dan pada akhir siklus I meningkat sebesar 78,44%. Hasil penelitian siklus II diperoleh nilai rata-rata kelas 75,93 dan ketuntasan  belajar  klasikal  sebesar  83,72%.  Kecakapan  hidup  siswa  sebelum penelitian siklus II 55,76% dan pada akhir siklus II  meningkat sebesar 64,55%. Hasil penelitian siklus III diperoleh nilai rata-rata kelas 79,67 dan  ketuntasan belajar klasikal sebesar 88,37%. Kecakapan hidup siswa sebelum penelitian siklus III 61,59% dan pada akhir siklus III meningkat sebesar 74,69%.
Kesimpulan yang diperoleh dalam penelitian ini adalah hasil belajar dan kecakapan hidup siswa MAN 2 Semarang pada materi prinsip-prinsip klasifikasi, virus,  dan  monera  mengalami  peningkatan  melalui  pendekatan  Jelajah  Alam Sekitar (JAS) dengan model Iqro.



Kata kunci: Model Iqro, Jelajah Alam Sekitar (JAS)

Untuk mendapatkan file lengkap dalam bentuk MS-Word, (bukan pdf) silahkan klik Cara Mendapatkan File
atau klik disini

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Cara Seo Blogger

Kumpulan Tesis dan Skripsi Pendidikan Headline Animator

Anda ingin download daftar judul tesis dan skripsi terbaru dan lengkap silahkan klik download